Article

Only the latest news is businness industry

Tren Teknologi di Era New Normal

Berbagai upaya pencegahan  penularan covid-19 akibat infeksi virus corona mengakibatkan terbentuknya tatanan kehidupan normal baru (new normal) bagi masyarakat. Beberapa penyesuaian di antaranya dengan selalu mencuci tangan, mengenakan masker, dan menjaga jarak dari kerumunan mengubah tatanan kehidupan. Penyesuaian kehidupan ini juga berkaitan erat dengan teknologi.

Pasca pandemi covid-19 tren teknologi saat ini merupakan peluang baru untuk perusahaan startup Indonesia. Mulai dari belanja dalam jaringan (daring), pembayaran digital (digital payment), teleworking atau bekerja dari rumah, pelayanan medis jarak jauh atau telemedicine, pendidikan (tele-education) dan pelatihan jarak jauh (tele-training), hiburan daring, rantai pasokan (supply chain 4.0), 3D printing, robot dan drone, serta teknologi 5G dan teknologi informasi dan komunikasi

  1. Belajar dari rumah

Terkait pandemi corona itu, pemerintah memang telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Belajar melalui ruang virtual tak pernah terbayangkan bisa terjadi sebelumnya. Namun pandemi Covid-19 justru mendorong Nyatanya hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai aplikasi konferensi virtual mulai Zoom, hingga Google Hangouts. Belajar online marak terjadi di era Covid-19, selain menjaga jarak sosial (social distancing), belajar online juga mengurangi waktu siswa dan pengajar untuk menuju ke instansi pendidikan.

  1. Bekerja dari rumah

Bekerja juga ternyata bisa dilakukan dari rumah. Konsep bekerja seperti ini sebelumnya tak pernah terbayangkan sebelumnya. Nyatanya bekerja dari rumah bisa dilakukan dari rumah dengan mengandalkan koneksi internet. Rapat juga bisa dilakukan dari rumah dengan menggunakan aplikasi konferensi video. Berbagai aplikasi rapat online yang biasa digunakan adalah WhatsApp, Skype, Zoom, hingga Google Hangouts. Berbagai aplikasi berbondong
Konferensi video menjadi fitur yang berlomba-lomba dihadirkan oleh berbagai aplikasi chat hingga panggilan video di kala pandemi Covid-19. Pembatasan aktivitas di luar rumah membuat masyarakat menggunakan video call untuk berjumpa virtual dengan rekan kerja teman.

  1. Konsultasi Kesehatan online

Pandemi Covid-19 membatasi pergerakan masyarakat demi memutus mata rantai penyebaran virus. Di sisi lain, beberapa orang masih menjalani proses pengobatan.
Oleh karena itu, berbagai platform layanan kesehatan digital (Telemedicine) marak digunakan di era pandemi Covid-19.  Banyak orang bisa berkonsultasi dengan dokter tanpa harus melalui tatap muka, tak hanya itu pasien juga bisa langsung membeli obat berdasarkan resep digital yang dikirimkan dokter setelah sesi konsultasi, sehingga masyarakatpun bisa langsung membeli obat tersebut secara online dan menunggu dirumah hingga obatnya dating.

  1. Belanja dalam jaringan (daring)

Tren teknologi yang sudah diminati banyak orang adalah belanja daring dan pembayaran digital yang juga mulai lebih dipilih kalangan milenial dan ibu-ibu dalam berbelanja dibanding berbelanja secara langsung.

Untuk kaum milenial, terutama dari perguruan tinggi untuk tidak hanya melihat startup dalam lingkup bisnis berbasis online saja, tetapi juga mulai melihat bidang-bidang lain yang sudah harus menerapkan teknologi pembaruan. Dalam mendukung bisnis berbasis online pasti membutuhkan suatu software atau teknologi yang mendukung, salah satunya adalah BerkatERP dimana BerkatERP adalah platform yang dapat menyediakan kebutuhan itu melalui fitur yang dimilikinya (klik lebih lanjut mengenai fitur berkat erp)

87%

Please Wait...