Article

Only the latest news is businness industry

Tips Mengelola Gaji untuk Generasi Milenial

Tips Mengelola Gaji untuk Generasi Milenial

Berbagai tips mengelola gaji pasti sudah banyak kamu ketahui bukan? Tetapi yang jadi masalah adalah bagaimana cara mengaplikasikannya. Pasalnya bukan perkara mudah untuk menabung atau mengelola uang gaji setiap bulannya. Godaan diskon atau ajakan nongkrong teman seringkali menjadi penyebab gagalnya mengelola uang gaji dengan benar.

Generasi milenial sudah harus mulai memikirkan rencana hidup di tahapan usia berikutnya. Perlu ada perencanaan yang matang dalam mengelola keuangan demi kesejahteraan di masa depan. Sebagian dari milenial, bahkan generasi di atasnya sekalipun belum bisa membedakan antara keinginan dan kebutuhan. Padahal keduanya sangat berbeda. Jika salah memahaminya, gaji bulanan bisa ludes sia-sia.

Selain itu, kesulitan menabung karena generasi ini dianggap kurang bisa berkomitmen jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Padahal, keuangan merupakan elemen penting dalam menjalani kehidupan ini. Terutama untuk masa yang akan datang. Kalau kamu memiliki pengelolaan keuangan yang baik, dampaknya akan dirasakan di masa depan.

Seiring berjalannya waktu, ada banyak hal yang perlu diwujudkan loh. Seperti rumah, atau kendaraan. Untuk itu, penting kiranya untuk mengatur uang gaji demi manajemen keuangan yang baik sejak dini. Kamu pasti gak bakalan bisa hidup tanpa uang.

Berikut ini trik atau tips mengelola gaji bagi kamu generasi milenial agar di kemudian hari gak jatuh miskin.

  1. Atur anggaran bulanan

Mau tak mau, mencatat menjadi hal yang penting dalam mengelola kas. Setiap bulannya Anda harus merencanakan keuangan, baik di pos pengeluaran untuk belanja, membayar tagihan, hingga pos untuk ditabung. Sementara itu, untuk jangka panjang, Anda bisa mengalokasikan simpanan itu untuk membeli aset. Jadi sudah ada pembagian pos pengeluaran masa kini dan masa mendatang.

2. Membagi pos pengeluaran

Perencana keuangan Prita Ghozie mengatakan, kunci penting mengelola keuangan adalah menggunakan metode budget yang sesuai untuk kehidupannya. Anda bisa menggunakan dengan system 40% untuk biaya kehidupan sehari-hari, 30% untuk cicilan jika anda memiliki cicilan, 20% untuk tabungan, 10% untuk biaya tak terduga.

3. Gunakan rekening autodebit

Secara otomatis menyisihkan sebagian pendapatan bulanan ke rekening khusus tabungan sangat membantu Anda untuk berhemat. Rekening autodebit akan mengontrol keuangan dengan menyisihkan uang dengan jumlah yang konsisten setiap bulan.

4. Investasi sejak dini

Mempersiapkan masa depan harus Anda lakukan sejak muda. Dengan berinvestasi, Anda lebih mudah mencapai berbagai tujuan keuangan yang diinginkan di masa depan seperti membeli rumah, membeli kendaraan yang menunjang pekerjaan, berlibur bersama keluarga, dan lain sebagainya.

5. Jaga utang konsumtif

Sebagian milenial lebih dulu mengenal utang konsumtif dari penggunaan kartu kredit ketimbang utang produktif dari mencicil aset. Milenial disarankan jangan dulu punya banyak utang dan cicilan yang sifatnya konsumtif. Kalaupun punya utang, sebaiknya dilunasi dalam waktu kurang dari 3 bulan. Sebab, bunga pinjaman bisa menggerus tabungan cukup banyak

6. Sesuaikan gaya hidup dengan pendapatan

Seseorang harus bisa menyesuaikan gaya hidup dengan mengukur profil keuangannya sendiri. Jika gaya hidup tidak bisa didukung kemampuan finansial, jangan memaksakan. Tidak salah jika punya keinginan untuk liburan, ganti gadget, dan sebagainua. Namun, jika dananya belum cukup, sebaiknya menabung dulu. Kurangi juga kebiasaan ngopi setiap sore dan belanja rutin mengandalkan kartu kredit. Ingat, kartu kredit bukan uang yang tak terbatas, tapi utang yang harus dibayar di kemudian hari.

87%

Please Wait...