Article

Only the latest news is businness industry

Sukses Di Usia Muda ? Harus!

Masa muda adalah masa dimana energi kita masih sangat prima dan berlimpah. Semuanya seakan mampu kita lakukan selama kita memiliki niat. Masa muda inilah yang bisa menjadi salah satu penentu masa depan Anda kelak. Mengeksplorasi diri sedalam mungkin dan membiarkan diri menjadi lebih tangguh dengan mencoba berbagai hal positif adalah idealnya seorang anak muda. Masalahnya adalah seringkali kita sebagai pemuda sulit untuk menggali potensi yang ada pada diri kita sendiri.

Sangat Disayangkan jika masa muda Anda dilewatkan begitu saja tanpa ada manfaat besar yang didapatkan, Anda mungkin sadar jika umur senja akan sangat sulit dimanfaatkan untuk menjadi aktif seperti saat sekarang. Sayang sekali jika masa muda Anda berlalu begitu saja tanpa adanya proses menggali dan mengeksplor lebih dalam potensi yang ada. Namun tak sedikit juga anak-anak muda sekarang yang mencoba hal positif dengan mencoba menggali potensi diri, namun terbentur dengan pertanyaan, apa yang harus dilakukan? Dan bagaimana memulainya?, coba beberapa cara di bawah ini.

1. Gali Potensi Diri

Hal yang pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu dulu dimana letak kelebihan dan kekurangan anda. Caranya bisa dengan bertanya kepada diri sendiri atau ke beberapa teman dekat Anda. Jika perlu carilah teman yang kira-kira bisa memberi pernyataan obyektif bagi Anda. Atau jika Anda sulit mengenali potensi diri sendiri, bisa juga dengan melakukan tes pada lembaga yang khusus menangani tes psikologi untuk mengenali bakat dan minat seseorang. Nah, berangkat dari sini mungkin kalian bisa memiliki data dan informasi yang akurat mengenai diri Anda sendiri, dengan begitu Anda bisa menakar potensi diri Anda sebelum memulai tahap yang selanjutnya.

2. Mencoba Hal Baru

Mencoba hal baru yang sebelumnya Anda takutkan adalah salah satu menempa diri menjadi terbiasa dan kokoh. Saat anda melakukan hal baru secara otomatis Anda akan mendapat pelajaran yang sangat baik untuk pengalaman Anda selanjutnya. Kadang kita tidak menyadari bahwa mungkin sebenarnya potensi kita justru pada sesuatu yang sangat jauh dari kehidupan kita. Di sinilah Anda harus berani dan jangan takut untuk mencoba sesuatu yang menurut Anda sebelumnya adalah hal asing bahkan tidak mungkin. Bisa saja sesuatu yang baru tersebut ternyata adalah potensi terpendam Anda dan justru bisa maksimal ketika Anda menekuninya.

3. Memperluas Pengetahuan dan Wawasan

Jangan menjadi seperti katak dalam tempurung. Perluas wawasan Anda, jangan mengira Anda adalah orang yang paling hebat dan menganggap remeh orang lain tidak mengetahui apa apa, ini adalah kesalahan terbesar dan paling fatal dilakukan oleh orang orang besar. Menganggap diri sendiri adalah orang yang paling tahu dan mengerti menjadikan Anda tidak mau belajar dan ini adalah awal dari kemunduran dalam berproses.

4. Bertindak  

Jangan hanya bermimpi, kerjakan semua yang Anda bisa lakukan hingga batas maksimal. Meskipun hanya sedikit, kalau itu bisa membuat Anda lebih dekat dengan kesuksesan, maka lakukanlah. Sebesar apapun potensi yang Anda miliki dalam berbagai bidang keahlian, namun jika Anda tidak pernah kerjakan atau praktekan semua itu hanya omong kosong belaka.

Dari paparan diatas bisa kita ambil kesimpulan, bahwa mengetahui diri sendiri adalah hal utuama yang harus dilakukan, dengan mengenal diri sendiri maka Anda akan mengetahui apa saja potensi yang ada dalam diri Anda yang bisa di eksplorasi dan dikembangkan, selanjutya tingkatkan kompetensi serta menambah wawasan informasi yang membuat Anda banyak mengetahui hal baru dengan terus belajar serta menambah pengalaman, yang terakhir adalah lakukan semua konsep yang sudah Anda rencanakan dari awal. Jika Anda sudah lakukan step by step maka kesuksesan akan datang menjemput Anda. (kompasiana.com)

87%

Please Wait...