Article

Only the latest news is businness industry

Strategi Mengatur Stok Tanpa Ribet

Sering merasa stok barang digudang masih ada tapi nyatanya tidak ada ? cape selalu menghitung stok karena salah dalam mengelolanya , apalagi bisnis anda mempunyai multi gudang ? Pasti semua pembisnis merasakan itu apalagi dimasa sekarang yang serba dituntut untuk cepat dan akurat. Sebelum menjawab pertanyaan itu alahkan baiknya kita bahas dulu apasih persediaan atau stok itu.

Persediaan (Inventory), merupakan aktiva perusahaan yang menempati posisi yang cukup penting dalam suatu perusahaan, baik itu UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) maupun perusahaan industri (manufaktur), apalagi perusahaan yang bergerak perdagangan hampir 90% dana perusahaan akan tertanam dalam persediaan yaitu untuk membeli bahan baku, barang jadi untuk di jual. Sedangkan Aktiva adalah segala kekayaan yang dimiliki oleh suatu perusahaan, yang dimaksud dengan kekayaan ini adalah sumber daya yang dapat berupa benda atau hak yang dikuasai dan yang sebelumnya diperoleh perusahaan melalui transaksi atau kegiatan masa lalu.

Melihat dari definisi diatas persediaan dalam sebuah bisnis adalah factor penting yang berdampak pada keberlangsungan bisnis tersebut. Selain itu Persediaan mempunyai peran besar dalam rangka mempermudah atau memperlancar operasi perusahaan. Adapun tujuan pengelolaan persediaan adalah sebagai berikut:

1. Menghilangkan risiko keterlambatan barang tiba.

2. Untuk dapat memenuhi kebutuhan atau permintaan.

3. Menjaga keberlangsungan produksi atau menjaga agar perusahaan tidak mengalami kehabisan persediaan yang mengakibatkan terhentinya proses produksi.

4. Memberikan pelayanan yang sebaik mungkin kepada konsumen dengan tersedianya barang yang diperlukan Bagi perusahaan dalam Mengelola persediaan secara manual sangat menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya, sementara konsumen ingin agar permintaan mereka terpenuhi lebih cepat.

Salah satu solusi dari masalah tersebut adalah Mengotomatiskan pengaturan persediaan sehingga dapat membantu perusahaan dalam menghemat waktu yang berdampak pada konsumen akan lebih merasa puas terhadap pelayanan yang diberikan . Paling penting, catatan stok akan selalu terjaga dan tersimpan secara akurat sehingga Anda dapat selalu memastikan pemenuhan kebutuhan pelanggan Anda.

Sekarang yang menjadi pertanyaannya adalah software manajemen persediaan mana yang sebaiknya Anda pilih? BERKATERP BerkatERP adalah software ERP (Enterprise Resource Planning ) aplikasi berbasis web yang saling terintegrasi, sehingga dapat mengakomodasikan kebutuhan – kebutuhan sistem informasi secara spesifik untuk departemen – departemen yang berbeda pada suatu perusahaan khususnya pada bagian persediaan atau gudang.

Berikut manfaat BerkatERP dalam modul persediaan

1. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

Sistem ERP yang berjalan di perusahaan dapat meningkatkan efisiensi pada aktivitas rutin harian khususnya dalam persediaan, serta pengecekan persediaan barang yanga ada dapat dipersingkat hanya sekali klik saja.

2. Akurasi data yang lebih baik

Permasalahan yang terjadi dalam pencatatan persediaan tidak akan terjadi karena semua data sudah terintegrasi dan akurat karena ada dalam database yang, sehingga pebisnis atau pengusaha dapat mengukur data dengan lebih baik dan tentunya lebih cepat dibandingkan dengan manual.

3. Semua lini dalam perusahaan terintegrasi (Integration)

Sistem ERP terdiri dari berbagai modul dan sub-modul yang dapat mewakili bagian/komponen bisnis tertentu yang ada di suatu perusahaan. Ketika kita mengalami Kesulitan dalam mengakses data karena data tidak terkumpul dalam satu tempat. Sistem ERP dengan cloud system membantu Anda otomatisasi proses bisnis, mengatur aktivitas harian di setiap bagian sehingga dapat menjalankan alur kerja secara efektif, komunikasi yang terarah dan kolaborasi antara bagian menjadi lebih baik.

4. Bisa mencek kesediaan barang dimana saja

Karena BerkatERP berbasis web, maka anda sebagai pengusaha bisa mengakses data dimana saja tanpa ada kendala apapun. Sehingga perusahaan dapat terkontrol lebih mudah

5. Terdapat fitur Multi-Gudang

Multi gudang adalah salah satu fitur yang dapat digunakan dalam modul persediaan yang berfungsi untuk melihat stok dari berbagai gudang yang dimiliki dan dapat dengan mudah pindah barang ke gudang yang lain.

6. Terdapat laporan status persediaan

Dead Stock Merupakan Salah Satu Faktor Penyebab Kerugian Bagi Perusahaan Untuk meminimalisir hal ini, maka BerkatERP menyediakan laporan status keluar masuk barang dengan kategori

a. fast moving : kategori barang yang mudah terjual kurang dari 30 hari dari di inputnya barang tersebut

b. Slow moving : kategori barang yang terjual dalam 31-90 hari dari di inputnya

c. Deadstock : kategori barang yang belum terjuang lebih dari 90 hari semenjak di input.

Fungsi laporan ini dapat mempermudah pengusaha dalam perencanaan dalam pembelian kembali barang ke supplier dan perencanaan dalam srategi pemasaran juga. Banyaknya manfaat yang diberikan sistem ERP ini membuat anda dapat lebih mudah mengakses data dari manapun, meminimalkan waktu untuk menghitung persediaan sampai laporan keuangan. BerkatERP adalah salah satu produk ERP yang mudah, berkualitas dan terjangkau harganya. Free Trial di link berikut.

87%

Please Wait...