Article

Only the latest news is businness industry

Mencermati Pemanfaatan Sistem ERP

Pasti ada pemikiran dari pemilik bisnis kecil dan menengah untuk menerapkan system ERP apakah sebanding dengan waktu dan biaya yang dikeluarkan?

Padahal Banyak sekali manfaat implementasi dari system ERP, salah satunya adalah membantu menaikan kinerja dan efisiensi dalam operasional bisnis. Sayangnya beberapa perusahaan menilai bahwa mereka "terlalu kecil" untuk menerapkan system ERP. 

 

LANGKAH AWAL

Langkah pertama yang harus diambil yaitu pemilik bisnis harus mengetahui apakah bisnismu membutuhkan system ERP atau tidak ?

Setiap perusahaan akan menghadapi tantangan tersendiri, maka penting untuk dapat mengetahui apakah Anda sebagai pemilik perusahaan harus menerapkan system ERP atau tidak? Beberapa kondisi berikut merupakan gambaran tantangan yang sering dihadapi sebuah perusahaan :

  1. Bisnis Anda memanfaatkan aplikasi dari pihak ketiga & vendor. 
  2. Bisnis Anda memakai banyak sotware dan tools namun tidak saling terkoneksi. 
  3. Karyawan Anda memakan banyak waktu untuk menyelesaikan pekerjaan yang seharusnya dapat disederhanakan.
  4. Sulit untuk mengakses informasi dan data penting dalam sekali waktu. 
  5. tidak bisa mengakses data yang dibutuhkan untuk mengambil keputusan. 
  6. Anda tidak tahu tingkat inventaris harian Anda.
  7. Anda membuang banyak waktu mencari informasi, menaikan efisiensi dan produktivitas dan mengintegrasikan perangkat untuk diukur.
  8. Divisi yang berbeda di perusahaan Anda tidak bisa berbagi informasi atau berkolaborasi satu sama lain.

Jika perusahaan anda mengalami sebagian besar kondisi seperti pada data diatas, Kemungkinan perusahaan anda memerlukan perangkat lunak ERP untuk membantu menaikan kinerja dan efisiensi dalam operasional bisnis Anda. 

Keuntungan Mengunakan System ERP

Ada banyak keuntungan yang bisa dapatkan jika anda mengimplementasikan sistemERP di perusahaan anda. Mulai dari skala Produksi, pengambilan keputusan, biaya, dan juga Transparansi.

  • Skala produksi

Manfaat paling penting dari Enterprise Resource Planning adalah tingkat skalabilitas yang tinggi bagi usaha kecil. Perusahaan yang masih memakai proses manual dalam memenuhi pesanan akan kesusahan mengelola situasi jika terjadi kenaikan permintaan. Mereka tidak akan bisa menghandel volume yang lebih besar dari pada biasanya. Meskipun kenaikan volume yang cukup besar pasti akan menyebabkan masalah bagi bisnis kecil, Sistem mampu meminimalkan dampak secara signifikan. Hal ini dapat membuat staf Anda fokus ke pekerjaan lain tanpa harus terbebani dengan peningkatan volume yang terjadi. 

  • Mengambil keputusan yang lebih cepat

Sistem menyediakan data real-time  yang dapat digunakan dalam pemasaran, warehouse, maupun akuntansi yang sangat membantu dalam pengambilan keputusan penting. Dengan Enterprise Resource Planning, perusahaan dapat mengetahui titik masalah yang dapat mempengaruhi tingkat produktivitas. Setelah Anda menerima laporan operasi bisnis yang lengkap, Anda dapat membuat keputusan yang efektif dan tepat berdasarkan informasi yang di dapat dan memberikan respon yang lebih cepat terhadap siklus bisnis Anda. 

  • System ERP Mengurangi Biaya

Keberhasilan perusahaan dalam menerapkan sistem ERP akan memangkas biaya administrasi dalam bisnis. Mengapa hal ini bisa terjadi? Dengan sistem ERP semua proses bisnis dilakukan secara otomatis, sehingga karyawan bisa mengerjakan perkerjaan lain. Karyawan tidak harus melakukan semua proses secara manual, karena sudah dicover oleh sistem ERP. Sistem ERP membantu meramalkan permintaan untuk material tertentu, suplai real-time, dan mengurangi kelebihan stok.  Setiap pemilik usaha kecil menyadari bahwa setelah manajemen rantai pasokan berjalan lancar, seluruh perusahaan akan merasakan manfaatnya. 

  • Transparansi

Dengan menggunakan sistem ERP setiap divisi tidak lagi memiliki sistem yang terpisah. Semua data yang relevan dapat dibagikan dan kemudian diakses hanya dalam beberapa klik saja. Hal ini mengurangi kesalahan input data sehingga produktivitas bisnis semakin meningkat dan biaya SDM menurun. (kompasiana.com)

87%

Please Wait...