Article

Only the latest news is businness industry

Jenis-Jenis Aplikasi Pendukung agar Bisnis Franchise Sukses

Bisnis franchise adalah pola bisnis yang dijalankan berdasarkan kesepakatan penggunaan hak untuk menjual barang atau jasa dengan merek tertentu. Perjanjian dilakukan antara pemilik franchise (franchisor) dan pembeli lisensi (franchisee). 

Biasanya, franchisor akan memberi bantuan kepada franchisee berupa penggunaan nama brand produk, proses produksi, operasional, standar perlengkapan produksi, manajemen sumber daya manusia (SDM), hingga pengelolaan keuangan. Di sisi lain, franchisee akan memberi imbalan berupa pembayaran royalti secara rutin. Dalam menjalankan sistem waralaba atau franchise, pelaku bisnis biasanya kerepotan mengelola usaha di banyak cabang dengan wilayah yang berbeda-beda. Untuk itu, tentu dibutuhkan bantuan aplikasi berteknologi canggih agar bisnis franchise berkembang lebih sukses.  

Untuk melancarkan proses bisnis tersebut, Anda tentu membutuhkan bantuan perangkat teknologi sebagai alat pendukung proses bisnis. Berikut jenis-jenis aplikasi berteknologi canggih yang bisa digunakan dalam bisnis franchise :

  1. Aplikasi Point of Sales (POS)

Aplikasi kasir atau dikenal dengan istilah Point of Sales (POS) biasanya digunakan untuk mendukung transaksi, khususnya bisnis franchise di sektor ritel, jasa, atau food and beverage (F&B). Aplikasi ini dihadirkan agar proses transaksi antara penjual dan pembeli bisa berjalan lebih efisien dan akurat. Jika sebelumnya menggunakan kalkulator atau komputer dengan data yang tercecer, aplikasi POS membantu Anda memperoleh data transaksi penjualan komprehensif dari setiap cabang. 

Aplikasi POS membantu pelaku usaha franchise melakukan pencatatan dan penghitungan penjualan produk secara mudah dan cepat dengan data real time. Teknologi ini mendukung operasional bisnis franchise berjalan dengan baik.

  1. Aplikasi Kolaborasi

Teknologi aplikasi kolaborasi dapat mendukung proses pembuatan dan pengiriman dokumen kerja ke cabang-cabang franchise secara praktis dan cepat. Aplikasi kolaborasi biasanya menyediakan beragam format file kerja perusahaan, seperti dokumen, excel, sheet, atau slide.

Perangkat kerja terintegrasi itu juga menyediakan aplikasi pendukung lain seperti email, drive, dan calender. Tak hanya itu, aplikasi kolaborasi juga dilengkapi fasilitas pertemuan massal dengan video conference. Hal ini tentu berfungsi mendukung aktivitas pertemuan jarak jauh para pengelola bisnis franchise dengan pemilik franchise secara simpel.

  1. Digital Marketing

Aplikasi digital marketing bisa membantu aktivitas pemasaran bisnis franchise secara efektif, terutama dalam merilis produk atau membuat kampanye pemasaran, memasang iklan, serta menawarkan promosi melalui proses yang otomatis dan instan. 

Pemasaran digital bisa dilakukan, baik di media sosial, email, maupun platform digital lain. Beberapa aplikasi digital marketing juga dilengkapi dengan perangkat teknologi yang berfungsi melacak kinerja situs web dan mengukur jangkauan aktivitas pemasaran Anda di platform digital.

  1. Aplikasi Akuntansi Online 

Aplikasi akuntansi online tentu dibutuhkan, baik oleh pemilik franchise maupun pengelola franchise. Aplikasi akuntansi berfungsi untuk mengelola dan memonitor kondisi keuangan dengan cermat agar dapat menentukan strategi bisnis yang tepat. 

Aplikasi akuntansi online biasanya menyediakan berbagai fitur yang berfungsi untuk mencatat dan memonitor laporan keuangan di banyak cabang secara berkala dengan mudah.

Tak hanya itu, software akuntansi juga dilengkapi aktivitas penjualan dan pembelian berikut dengan transaksi keuangannya. Fitur rekonsiliasi dan konsolidasi keuangan antar cabang juga mampu mendukung aktivitas bisnis franchise. Software akuntansi juga menyediakan beragam fitur unggulan antara lain, tampilan dashboard bisnis dengan data real time, laporan keuangan, pengelolaan inventori, dan pengelolaan aset secara rinci. 

Selanjutnya, software akuntansi juga dilengkapi aktivitas penjualan dan pembelian berikut dengan transaksi keuangannya. Fitur rekonsiliasi dan konsolidasi keuangan antar cabang juga mampu mendukung aktivitas bisnis franchise. 

Dengan demikian, performa bisnis bisa dipantau secara mudah dan akurat sehingga Anda bisa mengambil keputusan bisnis secara bijak. Salah satu software akuntansi online yang dapat anda gunakan untuk menunjang bisnis franchise anda adalah BerkatERP.

87%

Please Wait...