Article

Only the latest news is businness industry

Investasi Di Sistem Informasi Menuai Kemajuan Bisnis

Di era globalisasi saat ini dapat dikatakan teknologi sangat membantu hampir di seluruh kegiatan manusia.  Dampak yang paling terasa dengan adanya perkembangan teknologi adalah dari sektor bisnis. Sistem berbasis teknologi menjadi sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dengan bisnis, dimana sistem tersebut diterapkan untuk membantu menjalankan roda bisnis perusahaan agar semakin maju. Rasanya, jika bisnis tanpa sistem berbasis teknologi pasti akan terlindas oleh para pesaing yang sadar akan teknologi. Para pengusaha sukses di dunia banyak menerapkan sistem berbais komputerisasi dalam kegiatan bisnisnya. Menurut mereka, dengan adanya sistem tersebut dinilai memberikan efisiensi waktu dan tenaga para pekerja.

Dari semua pengembangan teknologi di bidang bisnis, salah satu yang paling dibutuhkan untuk operasional perusahaan adalah sistem informasi berbasis komputerisasi, yaitu ERP atau Enterprise Resource Planning. ERP adalah sistem informasi yang didesain untuk mendukung keseluruhan unit fungsional dari perusahaan. 

Secara garis besar, sistem ERP bisa digambarkan sebagai perkakas manajemen yang menyeimbangkan supply and demand dari pelanggan secara menyeluruh. Berkemampuan untuk menghubungkan pelanggan dan supplier dalam satu kesatuan rantai ketersediaan, mengadopsi proses-proses bisnis yang telah terbukti dalam pengambilan keputusan, dan mengintegrasikan seluruh bagian fungsional perusahaan. 

Mengingat pentingnya sistem ERP tersebut, Berkatsoft sebagai perusahaan dibidang IT consulting & System di Bandung, mempunyai misi mulia yaitu membantu para pelaku bisnis untuk maju dan berkembang melalui penggunaan teknologi informasi. Berkatsoft menciptakan sebuah sistem ERP yang dapat mengintegrasi operasional perusahaan, mulai dari sales and marketing, manufacturing, operations, logistics,purchasing, finance, new product development, dan human resources. Sehingga bisnis dapat berjalan dengan fokus kepada kebutuhan pelanggan dan produktifitas yang tinggi, cost inventory yang lebih rendah, dan menyediakan dasar untuk e-commerce yang efektif.

Sistem ERP dari produk Berkatsoft diberi nama BerkatERP. Kelebihan BerkatERP dibandingkan sistem ERP lainnya adalah bisa disesuaikan dengan kebutuhan klien, pengerjaan sistem cepat dan yang paling penting Berkatsoft memiliki tenaga kerja yang profesional. Mereka sering mengikuti training hardskill maupun softskill untuk memenuhi kebutuhan klien. Menciptakan sebuah sistem impian klien bukanlah sesuatu yang mudah, tapi tim Berkatsoft memiliki prinsip untuk memberikan service excellence kepada seluruh klien. 

Contoh kecil dari karyawan yang bekerja di salah satu perusahaan glosir kain, yang merasa sangat terbantu dengan sistem ERP ,berikut penjelasannya:

“Keadaan sebelum menggunakan sistem ERP adalah permasalahan di stok barang yang berantakan. Kita kan menjual bahan kaos dalam roll dan kiloan, jadi sering banyak selisih. Tapi semenjak pakai sistem ERP gak ada masalah lagi di stok barang karena setiap tiga bulan kan ada stock opname” ujar karyawan glosir kain yang bertugas di bagian akunting. 

Menilik dari hal tersebut, dapat dibayangkan bagaimana sistem informasi berbabis komputerisasi memiliki peran yang sangat penting bagi para pemilik usaha. Bisnis dan teknologi seakan menjadi satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan untuk menciptakan sebuah sistem kerja yang baik. Banyak kutipan bisnis yang sangat menginspirasi banyak pengusaha, yaitu “Jika kita tidak mengikuti perubahan maka kita akan terlindas dalam kenyamanan”. 

Di Indonesia masih banyak pelaku usaha yang belum melek mengenai sistem informasi berbasis komputerisasi. Berbagai alasan bermunculan mulai dari sisi mereka yang sudah nyaman dengan sistem manual atau menurut mereka membangun sistem ERP sangatlah membutuhan biaya yang mahal. Menurut saya, mahal adalah relatif. Pelaku bisnis perlu memperhatikan bahwa penerapan sistem ERP adalah investasi yang hasilnya akan jauh lebih besar dari sekarang. Ingat yang nyaman belum tentu aman. Tapi yang aman pasti akan merasa nyaman.

Semoga artikel mengenai sistem ERP ini bermanfaat bagi Anda semua.

Salam Teknologi dari BerkatSoft

(JA) sumber dari kompasiana.com

87%

Please Wait...