Article

Only the latest news is businness industry

Enterprise Resource Planning (ERP) Solusi Sistem Informasi Terintegrasi

Di akhir dekade ini banyak sekali lowongan pekerjaan yang mengutamakan kandidatnya untuk paham sistem ERP khususnya di bidang Sistem informasi, kita sebagai pencari kerja akan tertinggal bila tidak paham akan hal ini sebab hampir semua perusahaan menengah sampai besar pasti menggunakan sistem ERP ini. Maka tidak salahnya jika kita mempelajari apa sih yang dimaksud dengan ERP dan apa keuntungannya perusahaan menggunakan sistem ini, mari kita bahas satu persatu.

PENGERTIAN ERP

ERP atau Enterprise Resource Planning adalah sistem informasi terintegrasi yang dapat mengakomodasikan kebutuhan – kebutuhan sistem informasi secara spesifik untuk departemen – departemen yang berbeda pada suatu perusahaan.  

sebenarnya dari istilah ERP, yaitu untuk menyatukan seluruh departemen dan fungsi yang ada pada sebuah perusahaan ke dalam sebuah sistem komputer terpadu yang dapat mengakomodasi seluruh kebutuhan spesifik dari departemen yang berbeda. Sistem inilah yang harus dapat memenuhi semua kebutuhan departemen dan mereduksi pekerjaan – pekerjaan manual yang ada.

Secara garis besar fungsi ERP yaitu men-standardisasi, menyederhanakan, dan mengintegrasikan proses bisnis seperti keuangan, sumber daya manusia, pengadaan, distribusi, dan departemen lainnya agar lebih cepat dan efisien.

Sistem ERP biasanya terdiri dari Aplikasi Desktop dan Aplikasi Web.  Aplikasi desktop adalah suatu aplikasi yang mampu beroperasi secara offline, tetapi kita harus menginstalnya sendiri pada laptop atau computer, sedangkan Aplikasi Web adalah suatu aplikasi  berbasis web dapat beroperasi jika ada jaringan/koneksi  internet dan dapat di akses di mana saja.

Sesuai kebutuhan pada masa ini apalagi setelah adanya pandemic Covid-19 perusahaan banyak sekali berpindah dari aplikasi desktop ke aplikasi berbasis website,  dengan keunggulan sebagai berikut :

1.                           Kita dapat menjalankan aplikasi berbasis web dimanapun kapanpun tanpa harus melakukan penginstalan.

2.                           Terkait dengan isu lisensi (hak cipta), kita tidak memerlukan lisensi ketika menggunakan web-based application, sebab lisensi telah menjadi tanggung jawab dari web penyedia aplikasi.

3.                           Dapat dijalankan di sistem operasi manapun. Tidak peduli apakah kita menggunakan linux, windows, aplikasi berbasis web dapat dijalankan asalkan kita memiliki browser.

4.                           Dapat diakses lewat banyak media seperti: komputer, laptop, tablet dan handphone

5.                           Tidak perlu spesifikasi komputer yang tinggi untuk menggunakan aplikasi berbasis web ini, sebab di beberapa kasus, sebagian besar proses dilakukan di web server penyedia aplikasi berbasis web ini.

Secara umum ERP memiliki tiga modul utama yang biasanya dimiliki oleh perusahaan, yakni:

  1. Pembelian

Modul pembelian merupakan modul yang biasanya digunakan untuk menangani hal yang berhubungan dengan pembelian seperti Pesanan Pembelian, Penerimaan Barang, Pencatatan Faktur, Retur Barang bahkan sampai pada Pembayaran Hutang. dari bagian tersebut mereka saling terintegrasi dan membentuk informasi setelah prosesnya dilakukan digunakan pada akhirnya akan berpengaruh ke dalam laporan keuangan.

 

 

2.     Penjualan

Modul penjualan ini biasanya digunakan untuk menangani hal hal yang terkait dengan penjualan. mulai dari pemesanan sampai terbentuknya piutang atau pendapatan sebagai sumber informasi yang diberikan pada akhirnya akan berpengaruh ke dalam laporan keuangan

 

3.     Produksi

Modul Produksi biasanya menangani proses- proses produksi yang berlaku di dalam perusahaan tersebut. Modul ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di perusahaan tersebut.

4.      Finansial dan Akuntansi

Berfungsi untuk mengumpulkan dan mengelola seluruh data finansial perusahaan mulai dari data penjualan,pembelian, sampai pada pembayaran hutang perusahaan,sehingga mampu menyajikan laporan hasil relasi data yang berasal dari beberapa departemen atau unit perusahaan yang bersangkutan. Sebuah perusahaan akan sukses (mencapai tujuan perusahaan) apabila dapat mengelola manajemen finansial perusahaan  dengan baik. Sub- sub modulnya meliputi : General Accounting, Financial Accounting, Controlling, Investment Management, Treasury, dan Enterprise Controlling.Asset.

 

5.      Persediaan dan aset

Dalam sebuah Perusahaan dimanapun pasti memiliki banyak stok barang, baik barang baku produksi, hasil produksi maupun asset. Perusahaan pasti memerlukan modul untuk mengatur hal ini agar dapat melacak stok yang ada, mengendalikan persediaan, berfungsi ketika memesan barang ke pemasok dan fungsi lainnya.

 

6.      Sumber Daya Manusia

Modul SDM menangani bagian manajemen sumber daya manusia atau Human Resource Management (HRM). Misalnya pembuatan jadwal kerja, perekrutan pegawai, perhitungan gaji dan bonus, dan lain- lain.

Saat ini banyak sistem ERP beredar di pasaran, sistem ERP yang komersial antara lain SAP, Oracle,  dan sistem terbaru yang berbasis web yaitu BerkatERP (klik disini untuk mempelajari lebih lanjut) telah banyak digunakan oleh perusahaan yang ada di Indonesia dengan segala keunggulan yang ada. Selain itu BerkatERP juga adalah produk yang sudah menyediakan modul modul di atas khusus untuk modul produksi bisa kami buat sesuai dengan kebutuhan yang ada di perusahaan.

Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut (API Whatsup/Email)

Untuk mengetahui Manfaat dari ERP klik di bawah sisi

87%

Please Wait...