Article

Only the latest news is businness industry

Beberapa Jenis Software Akuntansi dan Fungsinya Untuk Sistem Pembukuan Toko Anda

Software akuntansi adalah versi elektronik dari buku besar akuntansi. Pendapatan, pengeluaran, aset, dan liabilitas semuanya dicatat dan dilacak secara digital untuk memberikan gambaran lengkap tentang kesehatan keuangan bisnis. Teknologi ini dapat mengambil berbagai bentuk dan menawarkan berbagai fitur berdasarkan kebutuhan bisnis atau industri tertentu. Namun, sebagian besar sistem akuntansi memiliki berbagi fitur dan fungsi yang serupa. Software akuntansi terbaik bisa membantu bisnis Anda dari sisi proses seperti penggajian, hutang, piutang dan sebagainya.

Software akuntansi bisa dikategorikan dalam berbagai kategori, berikut penjelasannya:

1. Software Akuntansi Inti

Software akuntansi inti menjelaskan kelompok software yang mempertahankan buku besar perusahaan, yang meliputi pencatatan piutang dan hutang, fungsi pengarsipan pajak dasar, dan rekonsiliasi bank. Fitur ini adalah fungsi minimum dari setiap perangkat lunak akuntansi untuk membantu pencatatan dalam bentuk spreadsheet.

Kombinasi fitur-fitur ini memberikan manfaat bagi perusahaan termasuk pelaporan konsolidasi, pengarsipan pajak yang lebih mudah, dan wawasan serta kontrol yang lebih dalam atas dana kas perusahaan. Sistem akuntansi inti tersedia dalam versi yang terhubung dengan “cloud”. Perangkat lunak akuntansi inti online yang terhubung dengan cloud memiliki keuntungan yaitu bisa menerima data real-time dari faktur, e-commerce, POS, dan data online lainnya seperti laporan bank.

2. Software Aplikasi ERP

Software perencanaan sumber daya perusahaan (ERP) adalah alat bantu akuntansi yang kaya fitur dan bisa menggabungkan banyak kategori perangkat lunak akuntansi dari akuntansi inti hingga inventaris, e-niaga, manajemen rantai pasokan, dan bahkan bisa menjadi solusi fungsi intelijen bisnis. Bergantung pada kebutuhan perusahaan dan penawaran perangkat lunak, banyak perusahaan dapat memusatkan semua data keuangan mereka dalam satu sistem ERP yang lengkap.

Karena fungsinya yang luas, perangkat lunak ERP mungkin tidak tepat untuk setiap perusahaan. Banyak perusahaan yang berkembang memilih untuk tetap dengan beberapa aplikasi yang terintegrasi daripada mengimplementasikan ERP,namun banyak juga yang beralih ke ERP.

Sebagai salah satu pilihan, anda bisa menggunakan BerkatERP sebagai alat bantu akuntansi yang kaya fitur dan mudah dalam penggunaannya.

3. Software Akuntansi Penagihan dan Faktur

Secara teori tampak sederhana, namun fungsi penagihan bisa menjadi rumit dan membuat frustrasi jika anda tidak memiliki alat bantu akuntnasi yang tepat. Software penagihan mampu mengelola pencatatan akuntansi kompleks yang dilakukan oleh banyak departemen yang mengurusi hutang dan piutang. Alat bantu akuntansi penagihan yang baik bisa mengatasi semua tingkat kerumitan, tetapi sebagian besar memberikan bantuan untuk mengotomatiskan tugas manual sebelumnya dan mengurangi kesalahan entri manual.

Jika anda ingin memiliki software yang dapat mengelola hutang dan piutang, anda bisa menggunakan BerkatERP yang telah memiliki fitur dapat mengurusi hutang dan piutang sehingga dalam proses mengelolanya dapat dijalankan dengan mudah dan akurat.

87%

Please Wait...