Article

Only the latest news is businness industry

6 Hal Yang Harus Dipersiapkan Dalam Melamar Pekerjaan Via Email (Online)

Pada masa pandemic seperti yang terjadi akhir – akhir ini sudah tidak aneh perusahaan kecil sampai besar menerapkan rekrutmen sampai seleksi melalui online. Pasti banyak pertanyaan apa yang harus dipersiapkan, apa yang harus dilakukan apalagi untuk pelamar baru. mari kita bahas satu persatu.

Hal yang harus dipersiapkan

1.                  CV (curriculum vitae) berbentuk digital

Curriculum Vitae adalah Dokumen yang memberikan gambaran mengenai pelamar mulai dari identitas sampai pengalaman dan kualifikasi yang dimiliki pelamar tersebut. Tentunya jika melalui email atau online semua dokumen yang dibutuhkan disatukan dalam bentuk PDF atau file digital lainya agar mempermudah HRD untuk membaca dan memproses CV tersebut

 

2.                  Melamar sesuai dengan keahlian

Kita pasti pernah mendengar istilah “the right man in the right place” Dalam pengertian yang sederhana, the right man in the right place bermaksud untuk menempatkan orang sesuai keahliannya. Karena berpotensi Suatu tim akan mampu bergerak lebih cepat kalau orang di dalamnya mengurusi hal-hal sesuai keahliannya. Jadi lamarlah pekerjaan yang benar – benar sesuai dengan kemampuan yang dimiliki sehingga presentasi untuk diterima akan lebih besar.

 

3.      Pelajari Job description dari posisi yang dilamar

Melanjutkan pembahasan no 2, hal yang paling paling penting selain skill yang kita miliki yaitu gambaran pekerjaan (job description) serta tanggung jawab yang harus diemban ketika bekerja di perusahaan yang hendak kita lamar. Perhatikan kebutuhan dari lowongan pekerjaannya dan cek lagi apakah itu cocok atau tidak dengan kita.

4.                  Mengenali Perusahaan yang hendak dilamar

Sebelum kita melamar alahkah baiknya kita membaca dan mencari tahu mengenai perusahaan yang hendak dilamar, mulai dari tempat kerja, bidang usaha, kebudayaan kerja, sampai dengan hal kecil sedikitpun. Semakin kenal dengan perusahaanya maka kita akan mengetahui apakah kebudayaan kerjanya sesuai dengan yang anda harapkan atau tidak.

5.      Menggunakan email yang Formal

Ketika kita merasa sudah cocok dalam kemampuan yang kita miliki dan kebutuhan dari perusahaan terhadap posisi tertentu, maka satu langkah lagi yang harus dilakukan yaitu mengirimkan CV yang lengkap dalam 1 file menggunakan alamat email yang sesuai dengan nama anda, jangan menggunakan nama email yang formal, hal ini akan memperlihatkan bahwa pelamar benar – benar serius dalam melamar pekerjaan di posisi tersebut.

 

6.      Email di waktu yang tepat

Biasanya suatu perusahaan beroperasi dari senin – jumat mulai dari jam 8.00 – 17.00. pada waktu tersebut adalah waktu yang tepat untuk mengirim email lamaran sebab email yang anda kirim akan berada di posisi teratas dan tidak tertumpuk dengan pelamar lainnya. Dengan kata lain kemungkinan CV anda di baca dan dipertimbangkan akan lebih banyak.

Anda lulusan baru di bidang IT atau berpengalaman di bidang IT, atau bahkan pekerja yang membutuhkan passive income, kami memberikan solusi mengenai keuangan anda dengan cara menjadi affiliate berkatERP (pelajari lebih detail) dengan menjadi affiliate anda dapat keuntungan banyak dan membantu keuangan anda apalagi di masa pandemic seperti sekarang ini yang segalanya berbasis online.

87%

Please Wait...